Tikus Stres, Motor Jadi Korban Tikus

bahaya tikus

NinjaSS – Hai mas vroh… Tikus merupakan binatang pengerat yang sangat menjengkelkan, sudah banyak kasus motor rusak karena tikus. Kebanyakan masalah yang dialami adalah kabel putus, nah hal ini tentu menyebabkan kegagalan fungsi dari salah satu part motor. Seperti kejadian ini, motor matik yang masih tergolong baru jadi korban tikus.


Kejadian yang satu ini bukan masalah kelistrikan, kalau pada umumnya tikus itu suka menggigit dan merusak kabel. Tapi ini tikusnya masuk ke dalam cvt mas vroh, entah apa yang dicari tikus tersebut di sana. Padahal di dalam cvt itu tidak ada part yang empuk. Mungkin sih mencari tempat yang hangat, wkwkwk.

Gara-gara binatang nakal tersebut, pemilik motor hampir saja celaka di jalan. Motor nya tiba-tiba ngunci rodanya ketika dikendarai, hal ini tentu membuat sang pemilik kebingungan. Semua dicek tidak ada yang janggal, mesin pun normal, handle rem juga tidak nyangkut tapi kenapa ban nya susah gerak alias seret?

Cvt kemasukan tikus

Akhirnya di bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan menyeluruh, tentu khawatir kenapa-kenapa, soalnya kan motor juga masih berumur muda. Akhirnya setelah dibongkar pada bagian cvt nya, barulah ketahuan penyebabnya. Ternyata ada seekor tikus gede yang terjepit pada bagian rumah kopling, weleh benar-benar stres itu tikus. Tubuhnya sudah hancur, tersisa sedikit dan ekor masih kelihatan, pantas saja roda jadi ngunci soalnya terhambat pergerakannya.

Lubang pembuangan panas cvt

Setelah ditelusuri, binatang pengerat tersebut bisa masuk melalui lubang pembuangan panas cvt karena lubang tersebut cukup besar bentuknya. Entah apa yang dipikirkan hingga bisa masuk ke cvt, mungkin tikusnya mencium sesuatu karena ada makanan yang ditaruh di bagasi. Sebaiknya kita harus lebih waspada supaya tidak menjadi korban tikus berikutnya, untuk mencegah hal tersebut kita perlu memperhatikan kebersihan motor.

Jangan menaruh makanan atau benda yang menarik perhatian tikus, bisa juga taruh kapur barus di beberapa bagian motor. Bisa di slempitkan atau dihancurkan dulu karena tikus tidak suka bau yang menyengat seperti kapur barus. Jangan menyimpan motor terlalu lama ditempat yang kurang cahaya, sesekali di keluarkan supaya mencegah motor jadi korban tikus.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

About NinjaSS 438 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

3 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*