Pelajaran Berharga Dari Acara Workshop And Awarding BlogVlog Jateng 2017

NinjaSS – Pelajaran Berharga Dari Acara Workshop And Awarding BlogVlog Jateng 2017. Hai mas vroh… Coretan kali ini adalah lanjutan dari workshop and awarding BlogVlog Jateng 2017. Acara yang benar-benar seru menambah ilmu dan pengalaman bagi saya. Dengan bintang tamu blogger kondang, siapa lagi kalau bukan kang Iwan Banaran? Memang bahas apaan sih? Yang pasti seputar dunia blogging otomotif lah, hehehe.

Workshop blogvlog jateng

Kalau soal “coaching” ini intinya sama seperti saat kang Iwb memberikan tips ampuh ngeblog tapi kali ini lebih diperdalam lagi. Kira-kira seperti inilah ilmu yang saya dapatkan pada acara tersebut.


Pelajaran Berharga Dari Acara Workshop And Awarding BlogVlog Jateng 2017

Domain
Pemilihan nama domain itu cukup vital peranannya vroh, pilih yang mudah di ingat dan di tulis. Jangan terlalu panjang, sulit dan njlimet. Kali ini warung papan triplex kena tembak vroh, kenapa? Ya karena nama domain saya terlihat lebih condong ke salah satu brand. Padahal enggak juga sih, karena dulu sewaktu ngeblog hanya terlintas yang gampang-gampang aja, semua saya bahas, bisa di cek sendiri. Tapi perlu di ingat, alasan seperti apapun akan sulit diterima sebab nama domain saya condong ke salah satu brand. Kapokmu kapan? 🙁 .

Jangan ngawur
Maksud jangan ngawur di sini adalah setiap kita membuat artikel itu tidak boleh asal, sebab apa? Jika asal menulis artikel atau masih diragukan kebenaran nya malah akan menimbulkan penilaian yang buruk terhadap blog kita.

Berinteraksi dengan pembaca
Setiap ada pembaca yang mengomentari artikel kita sebaiknya kita balas atau tanggapi, hal ini memang sepele tapi tidak boleh diabaikan. Sebab hal tersebut bisa membuat pengunjung mendapatkan respon yang baik oleh pemilik blog.

Selalu Netral
Jika ngomong soal netral itu bukan perkara mudah karena yang menilai kan pengunjung. Misalkan kita sudah berusaha menulis apa adanya tapi belum tentu pembaca menilai demikian, tau sendiri lah pembaca itu juga macam-macam. Ada yang pikiran nya luas, ada yang fanatik ke salah satu brand dan ada juga tukang kompor.

Image
Image itu penting sebab apabila image kita sudah buruk maka akan sulit untuk memperbaikinya. Contohnya jika kita hanya mau membahas brand A, segala kelebihan brand A pokoknya dibahas dan tidak pernah membahas kekurangan tersebut. Hal ini akan memberikan efek yang kurang bagus atau bahkan selalu menjelekkan brand B atau C. Efeknya sih paling pengunjung akan sulit meningkat, yang lebih ekstrem lagi bisa jadi di blacklist oleh brand B atau C. Sudah ada contohnya lah tapi tidak perlu saya tulis di sini karena tidak pantas menurut saya.

Jangan banyak manuver
Bisa dikatakan manuver di sini ibarat mencari sensasi, ada koq blog yang bahasan nya penuh dengan kontroversi. Ok sih dari segi hits pasti akan melejit dengan mudah, tapi efek negatif nya apa juga dipikirkan? Jika ketemu brand yang woles sih ok aja, paling-paling di blacklist doank, blogger mana yang tidak mau mendapatkan undangan acara? Pasti kebanyakan pada pengen kan? Nah kalau ketemu dengan brand yang sedikit sensitif? Bisa-bisa diperkarakan vroh, soalnya juga sudah pernah ada kejadian.

Konsisten
Konsisten menulis artikel itu sangat penting, karena hal ini berkaitan dengan nilai jual blog kita. Siapa yang gak pengen kondangan seperti teman-teman blogger lain? Narsis di medsos, jalan-jalan, makan, minum dan meliput acara secara langsung. Bahkan jika beruntung bisa mendapatkan fasilitas akomodasi loh! Tapi kita tidak boleh kendor. Misalkan dulu kita sudah pernah kondangan lalu penyakit malas kita kumat dan mulai bolong-bolong atau bahkan jarang bikin artikel. Ya jangan baper kalau tidak mendapatkan undangan lagi, mereka bisa seperti itu karena kerja keras dan konsisten.

Nilai suatu blog akan naik jika blogger tersebut mendapatkan undangan acara, berarti blog tersebut di nilai layak oleh suatu brand. Sebuah acara itu pasti mengeluarkan biaya vroh dan secara tidak langsung yang punya gawe juga ingin mendapatkan feedback positif. Kalau blog kita tidak punya nilai jual yang dianggap layak, mana mungkin akan dapat undangan acara? Dan hal seperti ini merupakan sebuah rahasia tak tertulis vroh.

Sekian coretan sederhana warung papan triplex mengenai pelajaran berharga dari acara Workshop And Awarding BlogVlog Jateng 2017 berdasarkan sudut pandang saya. Terima kasih kepada Astra Motor Center Semarang, mas Danang, mbak Hana dan kang Iwan Banaran serta teman-teman semua yang telah memberikan pengalaman dan ilmu berharga kepada saya.

Sukuh Cottage

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul.

About NinjaSS 437 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*