Tanggapan Mengenai Kasus Rangka Honda CB150R Yang Patah

Ninja150ss – Tanggapan mengenai kasus rangka Honda CB150R yang patah. Hai mas vroh… Beberapa hari yang lalu sempat membaca postingan pada sebuah blog roda2blog.com yang berjudul kasus rangka Honda CB150R yang patah. Sempat agak ramai jadi bahasan, yang katanya timbul tenggelam. Karena saya masih penasaran saya cari lagi, ternyata koq malah sekarang sudah hilang. Untung saya waktu itu iseng mengambil screen capture nya 😀 .

 


kasus rangka honda cb150r patah

Saat masih dalam proses pencarian tiba-tiba kesasar pada blog sukanyamotor.com yang berjudul kasus rangka honda CB150R yang patah. Kejadian ini katanya tidak sedikit yang mengalami, bikin yang baca jadi miris dan membuat was-was pemilik motor yang belum mengalami. Warung papan triplex ingin mencoba memberikan analisa ngawur mengenai kejadian ini, silakan di baca pelan-pelan supaya tidak salah paham.

kasus rangka honda cb150r yang patah

Dalam pembuatan sebuah produk tentu tidak mungkin sembarangan, semua sudah diperhitungkan dengan sangat teliti oleh insinyur pabrikan. Dari hal yang besar sampai hal terkecil seharusnya tidak ada yang terlewatkan, tapi mengapa ada kejadian kasus seperti ini? Saya pikir kemungkinan sang pemilik memberikan beban yang berlebihan pada motornya atau bisa juga mengalami insiden yang tidak diinginkan.

sasis honda cb150r

Pada artikel tersebut dituliskan juga bagaimana caranya supaya tidak mengalami sasis nya patah, yaitu dengan cara menambahkan plat di persilangan. Hal tersebut dilakukan karena besi rangka Honda CB150R dalamnya kopong alias tidak padat dan pada area persilangan tersebut menjadi titik yang paling berat menahan beban. Tapi harus hati-hati jika ingin menambahkan penguat, jika beda material dan proses quenching nya tidak tepat, maka timbul residual stress dan penurunan ketahanan korosi. Sehingga tegangan di daerah tersebut meningkat dan ujung-ujungnya catastrophic crack juga.

kasus rangka honda cb150r yang patah

Kalau menurut pendapat saya, seharusnya kejadian ini mendapatkan tanggapan yang serius dari AHM sebab menyangkut soal keselamatan. Bagaimana jika orang Jepang sampai mendengar atau melihat sendiri kasus yang menyangkut tentang safety? Apakah mereka akan diam saja dan pura-pura tidak tahu? Sepengetahuan saya orang Jepang itu paling disiplin kalau soal safety, ngeri banget deh kalau orang Jepang lagi marah.

Masih ingat soal Recall Yamaha R25 dan MT25? Itu kan gara-gara produknya di ekspor lalu ada yang mengalami masalah di motor nya, nah kebetulan sampai terdengar orang Jepang. Langsung deh tanpa ba..bi..bu.. surat recall turun, coba kalau yang komplain orang Indonesia, paling juga tidak sampai di umumkan secara terbuka.

Eh maaf jadi ngelantur kemana-mana, semoga coretan sederhana mengenai kasus rangka Honda CB150R yang patah dapat menambah pengetahuan bagi pengunjung warung papan triplex ini. Hati-hati saat berkendara dan jangan memberikan beban yang berlebihan pada motor anda.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:
About NinjaSS 430 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

13 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*