Analisa Ngawur Mengapa Honda Pcx 150 Lokal Lama Sekali Brojolnya

Ninja150ssAnalisa ngawur mengapa Honda Pcx 150 lokal lama sekali brojol. Hai mas vroh… Semenjak kehadiran Yamaha Nmax, beberapa waktu kemudian kita sudah mendengar isu mengenai kehadiran pesaingnya, siapa lagi kalau bukan Honda Pcx 150 lokal. Namun sampai sekarang belum juga tercium bagaimana bentuknya, tutup pentilnya pun tidak ada yang tau 😀 .


Biasanya jika bakal ada gonjang ganjing mengenai suatu produk baru, cepat sekali beritanya, dari pritilan part atau sekedar spy shoot. Tapi sudah 1 tahun berlalu, tak nampak secuil pun mengenai keberadaan produk motor maxi matik dari Honda ini. Sepertinya AHM punya style yang berbeda untuk produk yang satu ini, mungkin blogger kondang sudah ada yang sedikit tau bentuknya tapi sengaja tidak diumbar karena resikonya sangat lah besar dan riskan. Warung papan triplex akan mencoba menerawang ala kadarnya mengenai fenomena ini.

Analisa ngawur mengapa Honda Pcx 150 lokal lama sekali brojol

  1. Segmen baru. Maksudnya di sini adalah sebelum sebuah ATPM membuat produk yang akan dilempar ke pasar mereka akan mempelajari dulu bagaimana kans produk tersebut, seperti sasaran market nya, bagaimana peminat nya dan peluang bersaing dengan kompetitor.
  2. Desain. Jika kita amati AHM sudah banyak berubah tidak seperti jaman dulu yang selalu membuat produk dengan desain kalem, sekarang sudah berani tampil agresif, tajam dan tidak meninggalkan sisi elegan nya. Bikin desain sesuai keinginan orang Indonesia itu juga tidak mudah vroh, tau sendiri lah bagaimana uniknya market Indonesia.
  3. Bikin motor tidak seperti bikin onde-onde. Sedikit pengalaman saya di bidang manufactur, dalam membuat produk baru itu butuh waktu yang tidak sebentar karena berhubungan dengan vendor atau suplier part. Setiap part sebelum mass pro perlu melalui tahap pengujian apakah sudah sesuai dengan standar yang diminta atau belum, trial ini juga butuh waktu, jika tidak pas pasti vendor akan disuruh bikin lagi, pokoknya sampai tidak bermasalah saat di tes. Tidak lucu kalau suatu produk baru tapi banyak masalah yang menghinggapi, hal ini sudah jadi prioritas suatu ATPM.
  4. Butuh momen tepat saat di launching. Supaya suatu produk baru menjadi viral, berita nya booming dan jadi bahan pembicaraan perlu timming peluncuran yang bagus. Ini bagian dari strategi marketing, kalau sampai kurang pas misalnya saat tahun ajaran baru tentu efeknya kurang wow, sebab masyarakat akan lebih mengutamakan pendidikan untuk anaknya dari pada membeli motor baru. Atau di saat launching tak selang berapa lama kompetitor melakukan facelift terhadap produknya, tentu konsentrasi masyarakat bisa terpecah dan menurunkan minat terhadap produknya sendiri.
  5. Isu tentang Honda Pcx 150 lokal terlalu cepat dihembuskan, sehingga masyarakat beranggapan berita ini hanya gosip semata. Padahal jika mereka tau tentang 4 alasan di atas, betapa sulitnya membuat sebuah produk baru tentu tidak akan mencela.

Bicara mengenai bisnis pasti tidak ada yang mau rugi karena setiap perusahaan harus untung demi kelangsungan hidup karyawan dan eksistensi perusahaan tersebut. Maka segala sesuatunya haruslah ada perhitungan dan kalkulasinya, tidak bisa sembarangan atau tergesa-gesa. Mengenai kapan di launching hanya pihak AHM yang tau, warung papan triplex hanya sekedar menerka-nerka saja.


Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*