Mengapa Motor Bebek Mulai Ditinggalkan? Inilah Alasannya

Ninja150ss – Hai mas vroh… Mengapa motor bebek mulai ditinggalkan? Inilah alasannya. Jika diamati beberapa tahun terakhir semenjak kehadiran motor matik terjadi penurunan dalam penjualan segmen motor bebek, tidak drastis memang tapi secara grafik mulai merosot sedikit demi sedikit. Warung papan triplex akan coba sedikit memberikan analisa sederhana alasan kenapa motor bebek mulai ditinggalkan.

Data aisi motor bebek September 2017. (sumber Tmcblog.com)

Dulu motor bebek adalah salah satu motor idola masyarakat untuk menunjang aktifitas sehari-hari, tapi semenjak kedatangan motor matik peminat motor bebek mulai berkurang. Padahal motor bebek punya keunggulan dalam hal konsumsi bbm yang tergolong irit, bertenaga saat melewati jalan tanjakan yang curam (bisa atur gigi) dan biaya perawatan yang terjangkau. Lagi pula motor bebek itu tidak mudah rewel, coba lebih banyak kasus keluhan mana antara motor bebek, matik dan sport selama beberapa tahun terakhir? Tapi jaman sudah berubah, sekarang kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang modern lebih mengutamakan kepraktisan tak pelak trend motor bebek kini sudah mulai bergeser ke motor matik.


Honda Beat

Alasan Motor Bebek Mulai Ditinggalkan 

  1. Di motor matik kita tidak perlu repot oper gigi, tinggal puntir gas, motor akan ngacir. Apalagi sekarang di kota pasti lalu lintas padat bahkan macet, motor matik menang di sisi kemudaan dikendarai.
  2. Saat membawa barang bawaan menggunakan motor matik lebih membantu, sebab barang bisa ditaruh pada dek depan (sela antara jok dan stang) dan bagasi, sedangkan di motor bebek tidak bisa karena ruangnya cukup sempit dan bagasi tidak sebesar motor matik, apabila dipaksakan bisa mempengaruhi pengendalian motor. Misalnya kardus, galon, tas ataupun barang lainnya.
  3. Motor bebek perlu perawatan di bagian rantai, misalkan terlalu kendor harus dikencangkan, rantai kering perlu dilumasi. Kalau tidak, akan mempengaruhi saat berkendara, berbeda dengan motor matik yang hanya dibersihkan dan dilakukan pengecekan saat servis rutin (bisa 1 atau 2 bulan sekali).
  4. Desain motor bebek menurut saya kalah cakep dengan desain motor matik. Motor matik ada yang punya desain kalem, retro dan sporty, tinggal pilih sesuai selera.
Yamaha Nmax 155

Itulah beberapa alasan mengapa motor bebek mulai ditinggalkan oleh masyarakat, meskipun motor bebek punya keunggulan yang tidak dimiliki oleh motor matik namun yang namanya bisnis tentu pabrikan akan mengikuti permintaan pasar.  Menurut pengamatan saya, untuk kedepannya trend motor bebek akan semakin menurun secara perlahan karena kalah bersaing dengan motor matik, saat ini hanya Honda yang masih bisa bertahan lewat Supra X 125 nya, yang lain sudah terkoreksi secara signifikan.

Honda Supra GTR 150 dan GHonda Sonic 150R


Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*