Etika Ketika Blogger Kondangan

Ninja150ss – Hai mas vroh… Etika ketika blogger kondangan. Bagi blogger warung papan triplex alias kelas teri seperti saya ini, kondangan merupakan suatu hal yang luar biasa sekali, makanya saya ingin membahas sedikit etika ketika blogger kondangan. Bukan bermaksud apa-apa sih mas vroh, hanya sekedar berbagi pengalaman saja.

ATPM

Blogger kondangan adalah sebutan jaman now untuk sebuah undangan yang didapatkan blogger tersebut ke suatu acara. Entah acara launching produk, meet and great, liputan gelaran balapan, pameran, komunitas, touring atau sekedar pengenalan mengenai produk knowledge sebuah ATPM. Nah biasanya undangan ini bisa dibilang sebuah prestasi atau kepuasan bagi blogger tersebut untuk diakui, panjat soziale atau jadi terkenal dikalangan dunia bloggsphere maupun di dunia maya dan nyata.



Tapi tahukah sampean mengenai etika ketika blogger kondangan yang tidak tertulis pada sebuah undangan? Ada beberapa poin penting tentunya yang sebenarnya kurang pantas untuk diumbar, namun akan saya share menurut pengetahuan dan pengalaman pribadi saya sendiri.

etika ketika blogger kondangan

Etika Ketika Blogger Kondangan

  1. Datang tepat waktu. Ketika kita sudah menerima suatu undangan tentu jadwal acara juga diberitahukan, nah jangan sampai terlambat datang sesuai jam yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Apabila jaraknya jauh usahakan berangkat lebih awal untuk mengantisipasi jika mengalami kendala saat perjalanan.
  2. Berpakaian yang rapi. Acara kondangan blogger biasanya tidak terlalu formal, namun ya jangan seenaknya sendiri. Misal pakai sandal, celana jeans dengan dengkul sobek atau kaos yang sudah tidak layak pakai. Pakaianmu adalah cermin dirimu.
  3. Jaga kesopanan pada saat acara berlangsung. Ada kalanya kita bercanda dan ada kalanya kita harus serius, jadi kita harus bisa menempatkan diri pada situasi tersebut. Apalagi dalam berbicara, jangan sampai menyinggung pihak panitia atau tamu undangan yang lain, makan dan minum secukupnya jangan berlebihan.
  4. Saling menghargai dan menghormati. Dalam suatu kondangan sebaiknya kita tidak membahas sesuatu hal yang sensitif, misalnya mengenai fasilitas atau jamuan yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Sudah diundang saja seharusnya kita bersyukur koq, terimalah apa adanya dan jangan minta lebih.
  5. Usahakan datang sendiri. Jika kita diundang alangkah baiknya kita datang sendiri sesuai undangan, semisal memang boleh diwakilkan konfirmasikan terlebih dahulu sebelum acara tersebut berlangsung. Jangan mengajak teman atau keluarga tanpa persetujuan panitia, hal ini bisa membuat kacau rencana yang telah disiapkan panitia seperti akomodasi dan konsumsi.
  6. Jangan mudah baper. Apabila kita tidak diundang pada suatu acara ya jangan baper berlebihan, mereka tentu punya penilaian tersendiri mana blogger yang layak untuk diundang dan tidak diundang menurut kriteria yang telah mereka tentukan, biasanya mereka juga punya jatah kuota peserta.
  7. Ikhlas. Terkait segala sesuatu mengenai acara tersebut misal gift, goodiebag atau ✉  lebih baik jangan diumbar di medsos apabila merasa kurang, hal tersebut tidak etis karena akan menyinggung penyelenggara. Diberi secara gratis harusnya kita bersyukur dan berterima kasih, itu kan hanya bonus, kita harus sadar diri serta rendah hati.
  8. Artikel tentang acara. Poin ini cukup penting karena yang namanya undangan suatu acara mereka tentu membutuhkan publikasi supaya banyak masyarakat tahu, jangan terlalu lama untuk membuat artikel. Usahakan maksimal 1×24 jam ketika kita selesai dan pulang dari acara tersebut, jangan sampai mengulur-ulur waktu atau bahkan lupa. “Buat apa kita diundang kalau tidak bisa memberikan kontribusi?” Mau ditaruh dimana muka kita?
  9. Menulis dengan baik. Panitia mengundang kita tentu mengharapkan tulisan yang baik, tulisan yang baik adalah apa yang kita nilai, tidak perlu dilebih-lebihkan setinggi langit, yang penting jujur sesuai bukti nyata dan apabila ada kekurangan pakailah bahasa yang halus jangan frontal atau menjelek-jelekan. Bisa juga pakai kalimat saran supaya ada perbaikan di sisi kekurangan tersebut.

Demikianlah coretan sederhana warung papan triplex mengenai etika ketika blogger kondangan. Tidak bermaksud menggurui atau sok tau tapi hanya sekedar berbagi pengetahuan yang saya dapatkan dari senior dan pengalaman pribadi. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

blogger

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

11 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*