Yamaha Hembuskan Kabar Mesin 250cc 3 Silinder Crossplane Crankshaft

Ninja150ss – Hai mas vroh… Yamaha R25 dari awal peluncuran sampai sekarang belum membuat YIMM merasa puas secara market share, nempel Ninja 250 Fi aja berat apalagi sekarang ditambah dengan CBR 250RR. Sebenarnya sewaktu launching R25 ini sangat heboh, di gadang-gadang sebagai motor sport 250cc 2 silinder terbaik namun kenyataannya motor ini tidak berbanding lurus di penjualan. Atas pertimbangan yang telah dilakukan oleh petinggi Yamaha di Jepang, akhirnya kemarin ada rumor bahwa Yamaha hembuskan kabar mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft.

Engine 3 cylinder inline Crossplane Crankshaft

Secara desain Yamaha R25 itu sudah sangat bagus, namun akibat klaim power nya tidak sesuai kenyataan mengakibatkan motor ini jadi kurang laris, hal ini bukan gosip semata karena pada waktu itu ada salah satu blogger ternama yang sudah membuktikan sendiri. Beritanya jadi viral vroh, mungkin jika sampean sering ngikuti berita otomotif pasti paham. Strategi pun harus diubah, karena pada kelas 250cc ibaratnya sebagai produk flagship untuk kelas di bawahnya, kemudian kemarin tersiar kabar mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft.


Yamaha sudah memiliki basis mesin 3 silinder crossplane crankshaft pada motor Yamaha MT-09, mesin 3 silindernya memiliki firing order 120° dimana proses peledakan di dalam ruang bakar terjadi pada setiap 0°, 280°, dan 480°. Menurut klaim Yamaha Mesin 3 silinder crossplane crankshaft akan memberikan “rasa” torsi lebih pada setiap betotan gas nya, selain itu ada keunggulan lain dari konfigurasi inline 3 silinder yakni secara dimensi bisa lebih ramping dan akan lebih lincah melibas jalanan.

Yamaha R25

Tapi perlu diingat ya mas vroh, motor sport Yamaha dengan mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft ini tidak akan hadir dalam waktu dekat karena prosesnya tentu akan sangat lama dan melihat perkembangan pasar. Saya dulu sudah pernah sedikit cerita tentang bagaimana proses produksi sebuah motor, sebab melibatkan banyak vendor, setiap part harus melalui tahap trial eror berkali-kali untuk memastikan pada saat dirakit tidak akan menimbulkan masalah jika sudah sampai di tangan konsumen. Lha wong sudah trial eror saja kadang masih bermasalah koq, jadi jangan disamakan bikin motor itu seperti bikin tempe goreng 😆 .
So…kita tunggu saja gebrakan spektakuler dari Yamaha untuk menghadirkan motor sport mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft brojol. Semoga coretan sederhana warung papan triplex ini tentang mesin 250cc 3 silinder crossplane crankshaft dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan mas vroh semua.

Engine 3 cylinder crossplane crankshaft

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*