Tips Ampuh Ngeblog Dari Iwan Banaran

Ninja150ss – Hai mas vroh… Pada artikel lalu yaitu workshop dan gathering blog vlog otomotif Jateng 2017, warung papan triplex mengatakan akan membuatkan artikel sendiri sewaktu mas iwan banaran mengisi acara inti. Pada waktu itu beliau meceritakan sejarah panjang karirnya hingga menjadi seperti ini. Nah akan saya coba sharing untuk mas vroh sekalian tips ampuh ngeblog dari iwan banaran. 

Iwan banaran dan warung papan triplex ?

Siapa sih yang gak kenal mas iwan banaran? Blogger kondang otomotif nasional Indonesia ini mempunyai sebuah cerita yang sangat berharga, dan kemarin beliau membagi kisahnya kepada kita semua serta memberikan tips ampuh ngeblog. Alhamdulillah bisa buat tambahan ilmu nih.
Iwan Banaran diambil dari nama beliau “iwan” dan Banaran adalah nama desa tempat asalnya di daerah Tulung Agung, Jawa Timur. Kenapa memilih nama ini? Ya sebab dari jaman beliau sekolah, nama ini merupakan nama panggilan yang disematkan oleh teman-temannya, ibarate sudah trade mark cak. Perjalanan karir beliau sebagai blogger itu sangat panjang sekali, jatuh bangun, mendapat tekanan dari sana sini dan masih banyak lagi rintangannya, koq gak diceritakan detailnya vroh? Walah lha ya nanti gak jadi bahas tips ngeblog donk, malah ndongeng, soale kalau diceritakan panjang sekali.


Iwan banaran in action

Inilah tips ampuh ngeblog dari iwan banaran 

1. Jangan jadikan “materi” sebagai tujuan utama blogging. Maksudnya adalah jika sampean mau ngeblog orientasinya jangan ke “duit” dulu, ini harus ditanamkan sejak awal karena jika sudah mikir “materi” sedangkan sampean itu ilmu ngeblog nya masih kelas teri, gak akan menuai hasil dalam waktu singkat.

2. Cintai dengan sepenuh hati passion dan lakukan dengan fun. Sampean itu hobinya apa? Semisal hobinya koq tentang fotografi tapi bikin blog tentang otomotif ya bakal sulit, sulit disini dalam artian dalam jangka panjangnya. Karena passion atau senengnya sampean beda jalur dengan apa yang menjadi tema tulisan di blog. Dicampur aduk kan bisa vroh? Ya itu boleh aja sih tapi kurang bagus dalam menjaring hits pembaca.

3. Konsisten dalam menelurkan artikel. Nah ini yang paling berat mas vroh, sebuah konsistensi itu harus dijaga betul setiap hari. Sekali sampean bolong gak ngisi artikel di blog, akan membuat potensial pengunjung jadi kabur. Istilah gampangnya seperti ini, ada beberapa pengunjung yang setiap hari mampir ke blog sampean karena tulisannya menarik, pada suatu hari mampir namun tak mendapati sebuah artikel baru, besok mampir lagi koq gak ada update. Lama-lama pasti jadi males mampir lagi donk, kira-kira betul gak?

4. Cari materi yang disukai dengan cara menyelami keinginan pembaca. Umpamanya fokus bahasan blog tentang otomotif, apa yang harus dibahas juga seputar otomotif. Mau tips kek, produk baru kek, harga produk kek, masalah yang terjadi pada produk tersebut kek, ya pokoknya jangan melenceng. Masa blog otomotif bahasanya politik atau masalah bursa efek? PPelanggan sampean kabur ntar.

5. Gunakan bahasa yang ringan seperti kita berbicara dengan teman sendiri. Untuk masalah ini gimana enaknya aja mas vroh, soalnya kalau bahasanya sangat baku tanpa diselingi dengan penjelasan atau pemahaman dalam arti umum tentu segmen pengunjung blog kita jadi terbatas alias bagi yang mudeng aja. Hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan pengunjung blog kita.

6. Optimalkan sosial media untuk mendapatkan traffic tambahan. Sampean udah rajin bikin artikel setiap hari, bahasannya tidak pernah melenceng, bahasanya enak dan mudah dipahami tapi kalau sampean blogger baru yang ilmu ngeblog nya masih kelas teri akan timbul 1 pertanyaan yaitu “yang baca siapa?”. Nah manfaatkanlah medsos untuk nge share artikel sampean supaya orang tau dan mau mampir, kalau memang blog sampean menarik dari pandangan pembaca pasti pembaca tersebut akan mampir lagi.

7.Pelajari SEO (Search Engine Optimization). Ilmu terakhir ini yang paling mujarab dan ampuh vroh, jadi penjelasannya kira-kira seperti ini. Blogger yang bisa menguasai ilmu SEO, setiap artikelnya pasti akan muncul pada page one google (halaman pertama google). Orang jaman sekarang kalau tidak tau mengenai sesuatu pasti akan mengetikkan sebuah kata atau kalimat pada kotak pencarian google, mesin pencari inilah yang akan mengarahkan orang tersebut untuk mengunjungi blog anda. Yakin deh jika seorang blogger menguasai ilmu SEO level tinggi, trafic blog nya pasti akan tinggi namun ilmu ini bukan ilmu yang mudah untuk dipelajari oleh blogger baru. Saya aja ampe mumet cenut-cenut koq pengen belajar ilmu SEO ini 😆
Nah itulah tips ampuh ngeblog dari Iwan Banaran, semoga artikel ini bermanfaat bagi mas vroh semua.

Workshop dan gathering blog vlog otomotif jateng 2017

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About Ninjass 378 Articles
Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

8 Komentar

  1. Yang sering dikumandangkan mas IWB saat diwawancarai blogger memang point-pointnya ada diatas semua dimulai dari :

    1. Fokus ngeblog dulu jangan berpaku sama materi
    2. cintai atas passion kita
    3. konsisten nulis,mas IWB sehari minimal 3 artikel
    4. cara penyampaian mas IWB memang menarik dalam artian mempunyai ciri khas tersendiri,dengan begitu akan mengahasilkan point ke-5 yakni follower sosial media yang banyak sekali
    5. Follower sosial media mas IWB baik FB personal,FB fanspage,Twitter,Instagram,Youtube banyak banget makanya walau mas IWB tida menguasai point ke-6 yakni SEO artikel akan banyak dibaca visitor
    6. SEO (search engine optimation)memang tidak banyak dipakai mas IWB dalam ngeblog,kebetulan karena beliau banyak chanel info jadi tinggal diracik saja dan setelah publish pasti akan banyak yang baca karena banyak follower yang menunggu untuk membacanya,dan dibeberapa kategori artikel IWB katakanlah bocoran produk beliau sering kali menduduki peringkat 1 dipage one.

    mantab bukan?

    https://masmuslim.net/2017/03/29/cara-mudah-membuat-daftar-isi-artikel-arsip-di-blog-wordpress/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*