Mengalami Masalah Mesin Mati Pada Honda Verza 

Ninja150ss – Hai mas vroh… Warung papan triplex ingin sekedar berbagi cerita nih sewaktu mengalami masalah mesin mati pada Honda Verza yang saya pakai sehari-hari. Dulu saya juga pernah menuliskan beberapa artikel tentang Honda Verza, yang belum baca bisa langsung menuju artikel Verza motor pekerja keras dan konsumsi bbm Honda Verza. Nah kejadian mesin mati ini saya mengalami sendiri beberapa kali saat mengendarai Honda Verza, bagaimana kronologi, analisa dan solusi nya?

Rutinitas ngukur jalan yang cukup lumayan jaraknya membuat saya harus berpikir untuk menggunakan motor yang nyaman dikendarai, gak gampang rewel dan irit bbm tentunya. Kebetulan ada sebuah motor Honda Verza nganggur, jadi saya pinjam deh, wah cocok nih batin saya. Sebab menurut saya motor batangan lumayan enak di badan untuk perjalanan AKAP maupun AKDP, meskipun tetep ada rasa capek tapi tidak secapek kalau pakai motor matik atau foging pistun hehehe.


Foto saat belum tak balikin ke standar

Kejadian mesin mati bermula ketika saya melakukan perjalanan jarak dekat, saat melaju +/-40km/jam tiba-tiba mesin Honda Verza ini mati di tengah jalan, untungnya saya stater pakai elektrik stater langsung mau nyala lagi. Peristiwa mesin mati pada Honda Verza ini anggapan saya mungkin karena telat ngopling saat itu jadi tidak ada pikiran aneh. Namun suatu hari kemudian sewaktu saya melakukan perjalanan dari Semarang ke Pati kejadian mesin mati pada Honda Verza terulang lagi, saat itu saya melaju dengan kecepatan +/-80km/jam, posisi motor di tengah jalan, saya pencet elektrik stater gak mau hidup vroh! Waduh agak panik nih, alhamdulillah sewaktu mesin mati kondisi jalan raya sepi jadi saya bisa menepi dengan aman, padahal jalur itu adalah jalan raya pantura Kudus-Pati yang biasanya ramai oleh kendaraan baik motor, mobil maupun truk-truk besar.

Sesampainya di tepi jalan, saya berusaha menyalakan motor lagi, pakai elektrik stater berkali-kali gak mau hidup, saya engkol sampai keringetan pun juga masih gak mau nyala. Kontak sudah saya off on kan beberapa kali, saya cek aki dan kelistrikan, normal semua, tidak ada gejala aki nge drop, saya cek fuel pump ketika kunci kontak di on kan juga normal, busi baru saya ganti minggu lalu dengan busi ori alias bukan KW, bbm di tanki banyak. Waduh amsyong nih dalam hati, posisi saya jauh dari pemukiman warga, kalau mau nyari bengkel harus dorong motor cukup jauh jaraknya, kebetulan juga saat saya mengalami masalah mesin mati pada Honda Verza masih pagi sekali sekitar jam 06.30 WIB, mana ada bengkel buka jam segini?

Berhubung pikiran sudah buntu akhirnya saya duduk, nyalain rokok sambil maen hp, siapa tau dapat inspirasi, sempat terbesit untuk menghubungi teman supaya disamperin tapi setelah dipikir-pikir malah kasihan soalnya posisi saya sangat jauh. Kurang lebih setengah jam berlalu, karena sudah capek maen hp dan merokok habis 2 batang, saya iseng nyoba nyalain mesin motor, lhadalah…mau hidup mas vroh! Alhamdulillah Ya Allah, senang sekali rasanya, langsung tancap gas ke kota Pati untuk menyelesaikan urusan, setelah urusan selesai gas lagi ke Semarang untuk balik, anehnya kejadian mesin mati pada Honda Verza tidak terjadi lagi selama perjalanan pulang ke Semarang. Padahal di perjalanan sempat khawatir kalau motornya ngambek seperti pagi tadi.

Nih dia orangnya ?

Sesampainya di Semarang, saya langsung menuju ke Damang Motor untuk mampir, bengkel motor ini merupakan langganan saya dan mekaniknya jempolan jika mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada motor Honda, gimana gak percaya vroh? Orang owner nya mantan kepala mekanik AHASS koq, lagipula juga tetangga saya jadi bolo dewe lah 😆 . Saat kondisi terlihat santai barulah saya membuka obrolan mengenai masalah mesin mati pada Honda Verza yang saya kendarai, saya ceritakan kejadian yang saya alami pagi tadi, diskusi berlangsung cukup serius. Sampai motornya di cek menggunakan diagnostic tool, untuk menganalisa apakah terjadi malfungsi pada elektroniknya, dan ternyata hasilnya normal semua vroh! Cukup mengherankan bukan?

Teman saya ini dengan santainya nyeletuk “alah gak apa-apa bos, itu paling sekedar overheat dan kehilangan kompresi, diemin bentar juga mau nyala lagi koq.” Wkwkwk begitu to tenyata? Kirain motor ini gak bisa overheat, lha wong kondisi jalan tadi pagi aja lancar pol koq, riding pagi-pagi pula dimana cuaca masih adem belum panas. Wong ya dulu saya punya megapro primus juga gak pernah ngalami mesin mati secara tiba-tiba, sampean tau sendiri mesinnya lha kalau servis yang megang juga sampean, gak pernah dipegang mekanik lain. Lalu dijawab, “ya jangan samain to bos-bos motormu dulu sama motor sekarang, kayak gak tau bijimana “******** nya” aja, wong ya sudah paham koq pura-pura nanya?.”

Hahasyem tenan nih, yah…begitulah mas vroh sedikit cerita saya saat mengalami masalah mesin mati pada Honda Verza, sudah saya tuliskan detail kronologi, analisa dan solusi nya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi mas vroh semua.

 

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

8 Komentar

  1. overheat itu om. bebek saya jg pernah mengalami pas habis dipakai jalan malang-kediri, tiba² lgsg mati dan g mau distarter. nunggu 10 menit normal lagi. memang motor jaman skrg pada rewel g kuat panas

  2. solusinya apa om biar gk ky gitu? sy juga pernah make verza punya temen mati mendadak diapa apain gak mau idup. didiemin 10 menit distarter baru mo jalan. gak keren lah masa motor muda macet/mogok an kata temen saya. ?

  3. Veve lelah bang.. Wkwk
    Diemin aja dulu 10-15 menit, terus coba engkol. Kalo masih belum ada kompresinya, tetesin oli ke lubang busi, abis gitu tutup tu lubang busi sambil diengkol2 sampe kompresinya balik. Sekian tips dan triknya. Maacih :v

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*