Cara Mengisi Accu Zuur Pada Aki Kering MF (Maintenance Free) Yuasa YTZ5S

Ninja150ss – Hai mas vroh… Sudah lama sekali yak warung papan triplex gak bahas soal otak-atik motor, sebenarnya saya hobi sih kalau disuruh mainan baut. Topik kali adalah tentang aki kering mf (maintenance free) atau yang biasa dikenal dengan aki bebas perawatan. Silakan disimak coretan saya soal bagaimana cara mengisi accu zuur pada aki kering mf (maintenance free) yuasa ytz5s siapa tahu bisa bermanfaat bagi mas vroh semua.


Aki kering mf (maintenance free)

Nah begini cara mengisi accu zuur pada aki kering mf (maintenance free) yuasa ytz5s :

  1. Buka kardus aki dan keluarkan isinya.
  2. Lepas segel yang menutupi lubang di aki.
  3. Lepas juga tutup plastik seal yang ada dikemasan accu zuur, nanti tutup plastik seal ini digunakan untuk menutup aki apabila sudah terisi accu zuur.
  4. Posisikan wadah accu zuur dibawah, sedangkan aki diatas, hal ini untuk mencegah accu zuur tumpah.
  5. Tekan aki perlahan sampai mentok, sebab ada Lapian alumunium foil pengaman pada kemasan accu zuur.
  6. Balik posisinya, aki dibawah dan kemasan accu zuur diatas, tunggu sampai accu zuur benar-benar habis dan masuk semua ke dalam aki.
  7. Setelah accu zuur masuk ke dalam aki semua baru deh dilepas, kemudian tutup, aki tersebut menggunakan tutup plastik seal warna hitam yang ada tulisan “Do Not Open”. Tekan perlahan sampai rapat, jangan sampai longgar supaya accu zuur tidak menguap.
Posisi accu zuur dibawah (sebelum dimasukan ke dalam aki)

*Catatan : bisa saja pada saat mengisikan accu zuur tadi tidak seperti langkah yang saya sarankan tapi langsung memposisikan accu zuur diatas aki langsung, tapi sebaiknya jangan dilakukan karena jika accu zuur tumpah mengenai tangan atau kulit bisa menyebabkan iritasi sebab accu zuur itu keras dan berbahaya.

Aki merupakan salah satu part penting dalam motor, kalau jaman dulu motor (karburator) gak pakai aki pun masih mau nyala tapi karena sekarang sudah modern dan teknologinya canggih peranan aki bisa dibilang cukup vital. Teknologi suplai bahan bakar yang dulunya memakai karburator sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke suplai bahan bakar injeksi, makanya fungsi aki saat ini sangat penting, motor yang tidak dilengkapi kapasitor bank apabila mengalami aki tekor akan sulit bahkan tidak mau dinyalain mesinnya.

Posisi accu zuur diatas (ketika dimasukkan kedalam aki)

Aki pun juga dibedakan menjadi aki basah dan aki kering atau accu mf (maintenance free), keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri jadi tinggal kembali kepada masyarakat ingin memilih jenis aki yang mana? Aki kering atau accu mf (maintenance free) sebenarnya juga memakai air aki (accu zuur) namun tidak akan terlihat dari luar. Aki jenis ini dikemas dalam desain khusus yang mampu menekan tingkat penguapan air aki. Uap aki yang terbentuk akan mengalami kondensasi sehingga dan kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal.

Semoga coretan tentang bagaimana cara mengisi accu zuur pada aki kering mf (maintenance free) yuasa ytz5s dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk mas vroh semua.

Hasil akhir saat aki sudah terpasang di motor

.


.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About Ninjass 375 Articles
Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*