Luar Biasa, Speedometer Yamaha Exciter 150 Bisa Mentok

Ninja150ss – Hai mas vroh… Yamaha Eciter 150 adalah sebuah motor bebek penerus kesuksesan Yamaha Jupiter MX, kalau di Indonesia namanya Yamaha MX 150 dan Yamaha MX King 150, ya bisa dikatakan sama persis spesifikasinya, hanya beda nama saja. Kebetulan warung papan triplex ini menemukan postingan speedometer yamaha exciter 150 bisa mentok vroh, sungguh luar biasa sekali.
.


Di share oleh mas vroh Arief Rachman yang menanyakan apakah speedometer yamaha exciter 150 bisa mentok seperti foto terlampir? Ok warung papan triplex akan coba memberikan bahasan menurut pengetahuan yang masih cetek ini.

Spesifikasi mesin Yamaha Exciter 150 adalah sebagai berikut : Yamaha Exciter 150 mempunyai kapasitas mesin 149,7cc , 4 stroke, SOHC (Single Overhead Camshaft), silinder tunggal dengan pendingin cairan (water cooled). Bore 57mm x Stroke 58.7mm. Kompresi mesin 10.4: 1. Power maksimal yang dapat diraih sebesar 11.3 kW (15.4 PS) / 8500 rpm dan torsi maksimal sebesar of 13.8 Nm (1.4 kgf.m) / 7000 rpm.

Video unggahan di youtube itu sepertinya agak janggal, ada 2 hal yang menurut warung papan triplex ini aneh. Yang pertama adalah mengapa indikator “check engine” speedometer yamaha exciter 150 tersebut menyala disaat posisi jarum rpm mentok? Untuk indikator radiator boleh lah berkilah kalau mesin sangat panas digeber dalam keadaan diam lalu menyala. Kejanggalan kedua yaitu jarum rpm pada tachometer sungguh luar biasa bisa mentok di 12rb rpm, motor dalam keadaan standar tidak akan mampu berkitir sampai mentok karena dari insinyurnya sudah dibuat sedemikian rupa agar mesin tidak jebol. Kan judul videonya ditulis “with TuneBoss ECU” vroh? Gak bisa baca?

Menurut sepengetahuan warung papan triplex ini sebuah mesin motor mempunyai batasan “piston speed”, jika piston speed atau kecepatan kerja naik turun piston di dalam ruang bakar melebih 21m/s bisa dipastikan akan jebol mesinnya. Loh yamaha exciter 150 nya sudah pakai piston racing vroh! Ok kalau alasannya seperti itu maka saya juga akan bertanya, apakah part-part lain juga kuat mengimbanginya? Rumangsamu di dalam mesin yang kerja cuma piston tok? Ojo dagelan mas vroh, ora lucu! Kalaupun part-part di dalam mesinnya sudah diganti dengan part racing semua, nambah lagi pertanyaan “ragate entek piro?” 😆
Namun tetap saja pada diskusi tersebut ada orang yang ngeyel, entahlah mana yang benar. Saya sih cuma sekedar mengeluarkan argumen berdasarkan sepengetahuan saya, mungkin bisa saja saya yang salah karena masih cetek ilmunya. So menurut mas vroh sekalian bijimana soal speedometer yamaha exciter 150 bisa mentok? Silakan tulis pendapatnya sampean di kolom komentar agar bisa jadi bahan diskusi yang bermanfaat.

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 429 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

7 Komentar

  1. Iws mx king surabaya tembus 181kpj. 1200mtr.. wajat klau spedometer mentok 199kpj. Mingkit tes dijagang dua. Saya pribadi top sped 156kpj. Maklum mesin masi standar deler..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*