Pemutihan Samsat Jateng 2017

Pemutihan samsat jateng 2017

Ninja150ss – Hai mas vroh… Ada kabar gembira nih untuk masyarakat Jateng. Pemprov sedang mengadakan program pemutihan samsat Jateng 2017, silakan simak keterangan detailnya lebih lanjut.

Pemutihan samsat Jateng 2017 ini memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat Jateng yang ingin melakukan pembayaran pajak dan proses mutasi surat-surat kendaraan bermotornya, jadi jika mas vroh sekalian punya kendaraan bermotor baik sepeda motor, mobil, truk maupun bus atau bahkan kontainer (kalau punya 😀 ) yang berasal dari luar Jawa Tengah silakan di mutasi dan dibalik nama sesuai alamat rumah sampean, mau dari luar provinsi Jateng atau luar pulau Jawa (pokoknya selama masih di negara Indonesia 🙂 ).


Gratis

Pemprov Jateng memberikan dua kemudahan, yaitu : pertama, membebaskan biaya sanksi administrasi PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), jadi jika mas vroh pajak kendaraan motornya telat pasti kan ada dendanya tuh, nah dengan adanya pemutihan ini, mas vroh tidak akan dibebani sanksi administrasi selama masa terlambat (mau telat pajak 1 hari sampai berapa tahun pun gak akan kena biaya denda) tapi pajak tahunan nya harus dibayar semua yah!

Yang kedua yaitu bebas BBN 2, apa sih itu? Jika mas vroh membeli kendaraan bermotor 2nd kalau ingin dibalik nama STNK dan BPKB nya kan ada tambahan biaya nya tuh, nah selama periode program pemutihan ini di gratiskan. Caranya bagaimana mas vroh? Cukup mudah koq, tinggal lakukan proses mutasi kendaraan bermotor Anda ke Samsat terdekat di daerah sampean, kemudian ajukan permohonan untuk pembebasan biaya sanksi administrasi atau biaya BBN 2 (Bea Balik Nama) ke Samsat tersebut.

Periode pemutihan samsat Jateng 2017 ini dari tanggal 21 Agustus – 30 November 2017 (bebas sanksi administrasi PKB) dan tanggal 21 Agustus – 30 Desember 2017 (bebas BBN). Semoga bermanfaat.

Syarat dan tata cara mutasi kendaraan ke samsat
Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 451 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

137 Komentar

  1. mas kalu stnk ku hilang dah lama.tapi bpkb ada udah lunas…milik sendiri tapi kayaknya sudah waktu ganti plat nomer apakah pemutihan bisa

  2. Saya baru bayar pajak roda 4 bulan Juli kemarin, kalau mau ikut pemutihan (balik nama&mutasi beda kabupaten), apakah harus bayar pajak tahunan lagi gak ya mas?

    • Saget,tp agak ribet.
      Hrs bkin surat kehilangan ke polsek/polres, trs iklan ke koran,br ke samsat. Nnt tny sm petugas samsat proses selanjutnya (jgn lewat calo),urus sndr,biar hemat ongkos

  3. Motor saya plat b tangerang,
    Kalau mau mutasi ke karanganyar,cabut berkasnya bisa online gak di samsat karanganyar.kata teman bisa,cuma numpang gesek aja

  4. Mas, saya kan beli motor dr pemilik kedua, plat H semarang kota. Nah di semarang kan ada bbrp samsat online tuh, saya mau cabut berkas utk pindah ke kota asal saya masih satu propinsi jateng. Saya baca artikel anda Syarat Dan Tata Cara Mutasi Kendaraan Ke Samsat Jateng. Pertanyaan saya:

    1. Bisa gak ya cabut berkasnya tidak harus di samsat tempat stnk+bpkb diterbitkan, kan di semarang ada 3 samsat online, berkas motor saya terdaftar di samsat online 1. Nah misal saya mau cabut berkasnya di samsat online 3 misalnya, bisa gk ya? soalnya klo ke samsat asal berkas motor itu jauh di pusat kotanya banget.

    2. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. INI KIRA-KIRA BERAPA LAMA YA?

    3. Saat sudah mendaftar di samsat tujuan (masuk), itu bpkb motor kira” butuh dana berapa ya utk penerbitan barunya?

    Semoga berkenan kasih wkt menjawab. Makasih mas

    • 1. Cabut berkasnya ttp hrs ke samsat 1 krn mtr terdaftar disana, gk lama ngurusnya, cm proses menunggu yg agk lama.
      2. Tergantung petugas samsat nya mas, krn utk mencari berkas tsb pst butuh wkt, nnt dr petugas samsat akan dikasi tau estimasinya.
      3. Utk biaya balik nama gratis, bpkb kn msh pk yg lama cm skedar ditambahi nama pemilik baru, utk mslh biaya di samsat yg baru nnt akan diberikan rincian biaya nya. Seharusnya tdk akn byk, smisal hbs byk minta aja rincian biaya nya.

  5. mas stnk aku hilang klau posisi aku di bandung sama motorya jga di bandung klau ngurus kehilangan bwa motornya kaga apa persarataya apa aja kebeneran dua motor stnk hilang semua montor atas nama bapa saya sma kk saya

  6. mas stnk aku hilang klau posisi aku di bandung sama motorya jga di bandung klau ngurus kehilangan bwa motornya kaga apa persarataya apa aja kebeneran dua motor stnk hilang semua montor atas nama bapa saya sma kk saya klau satu stnk pajak masi jalan klau yg satu lagi pajak mati pa bebas denda persaratanya apa aja tolong di jawab

      • Itu fotokopi stnk/fotokopi bpkb. Berarti tanpa fotokopi bpkp bisa mas? Bpkb nya masih di dealer soalnya.

        Motor plat Jepara.
        Hatur nuhun.

      • Tapi perlu bikin iklan di media massa gitu mas?
        Dan motor ga perlu dibawa ke samsat Jepara kan selama bisa cek fisik bantuan di samsat lain?
        Trus nanti yg kirim bukti cek fisik bantuan siapa? Dari samsat atau kita sendiri yg kirim?

      • Bkn mas, mksdnya mnt srt keterangan kl bpkb di dealer/leasing. Gosok aja no.rangka&no.mesin nya sendiri, trs bawa hasilnya ke samsat smisal gk bs bw mtrnya ke samsat mas

  7. Selamat siang Pak!?
    Kira kira biaya mutasi mobil corolla thn 1990 dari Jogyakarta ke Purworejo nominalnya berapa Pak posisi berkas sudah saya cabut dari Jogyakarta

  8. Dengan program pemutihan ini, kalau mutasi dan balik nama kendaraan dari Semarang ke Jakarta, biaya apa saja yg harus dikeluarkan di Samsat Semarang untuk ambil berkasnya ya gan (estimasi berapa total untuk mobil grandmax MB 2013) ? Mohon info..terimakasih,

    • Kalau untuk biaya di samsat Semarang hanya biaya cabut berkas nya aja mas, nah yang banyak sih biaya di samsat Jakarta nya, untuk detail biaya disana saya kurang tahu, sebab setiap daerah bisa berbeda besarnya pajak kendaraan.

  9. Mas klo balik nama tapi masih satu samsat kira2 brpa lama ya bpkbnya
    Contohnya alamat stnk lama pedurungan,,mau dibalik nama jg di alamat pedurungan.
    Kira2 brpa lama untuk jadi stnk dan bpkbnya
    Trima kasih

  10. Gan, klo ngurus stnk tanpa ktp pemilik carany gmn y, coz sya beli mtor second blm blik nama tapi udah harus byr pajak?? biaya tambahan smp brp kira2?

    • Wah agak repot nih jk gk bw ktp pemilik asli, cb pinjem sm pemilik sblmnya gan, skalian dibalik nama, mumpung ada pemutihan. Kl pk calo utk tembak ktp biasanya 100k, itu blm sm pajaknya lho ya!

  11. Njenengan coba turun ke lapangan langsung Pak…saya kemarin di satlantas bbn kena biaya 375 ribu dana pmi 5 ribu, di samsat penerbitan stnk nomer plat kedaraan ditambah pajak baru 11-11-2017 sampai 11-11-18 kena biaya 992 ribu. Njuk yang gratis yang mana Pak!?

    • Maaf pak saya kan hanya menyampaikan berita dr pemerintah, semisal bapak mau komplain ya ke samsat nya aja biar dpt penjelasan lebih detail. Atau sm pak gubernur langsung.
      Lagipula bapak komplain disini jg percuma.

      Terima kasih sudah mampir&komen.

  12. Kl area kab.pekalongan tanggalnya juga sama y bang?
    Terus kl motornya gk dibawa cuma di gesek pake kertas.. bisa gak? Soalnya ada yh bilang motor harus dibawa.

  13. Mau nanya, kalau kredit kendaraan sudah selesai bulan oktober, dan akan membayar pajak bulan november bakalan kena biaya baik nama yang dari dealer ngga ya? soalnya pas ngecek di dppad jateng kok ada biaya balik namanya 124ribu. trs kalo jatuh temponya 13 november saya may bayarnya tanggal 23 november masih dapet pembebasan denda gak yaa? makasii

    • Pajak itu hrs sesuai dgn tgl di STNK, kl lewat dr itu pst ada sanksi. Sewaktu ambil mtr a/n siapa di STNK? tdk perlu balik nama jk dr awal a/n ibu sndr.
      Selama periode blm berakhir tentu msh bs ikut program dr pemerintah.

  14. jadi program bebas dendanya masih bisa sampai tanggal sekarang kan ya. itu kita ga perlu mendaftar2 lagi buat dapet bebas dendanya kan?

  15. Mohon pencerahannya dong om…
    Motor saya dari semarang pengen saya mutasi kejepara, tp pajak saya telat 13 bulan. Saya harus selesaikan pajak dulu apa langsung mutasi aja om…

  16. Om saya mau mutasi dr jkt ke tmg, berkas udah sy cabut..trs di samsat tmg kata petugas kok hrs cek fisik lg di tmg, sedang motor msh di jkt buat krja,gimana solusinya? Trmksh

  17. 1.Mas kalo ga pake surat permohonan BBN 2 dari Samsat bisa ga ,soalnya saya lupa minta ke Samsat?
    2.proses cabut berkas sudah, tinggal ke tujuan mutasi Samsat Brebes kira2 pake biaya lagi ga ?
    Terimakasih

  18. 1.Mas kalo ga pake surat permohonan BBN 2 dari Samsat bisa ga ,soalnya saya lupa minta ke Samsat?
    2.proses cabut berkas sudah, tinggal ke tujuan mutasi Samsat Brebes kira2 pake biaya lagi ga ?

  19. Om sewaktu memasukkan berkas hasil cabutan ke samsat (daerah jawa tengah) apa harus bilang “Mohon untuk pembebasan biaya sanksi administrasi atau biaya BBN 2” gitu? kemaren (8 Des)saya langsung masukkan berkas aja tanpa bilg mohon digratiskan BBn apa otomatis juga akan digratiskan biaya BBN nya ya om..?

    • Setiap daerah tdk sm kebijakannya mas, setau saya utk cabut berkas hrs ke samsat dmn kendaraan tsb didaftarkan, cb hubungi samsat riau apakah bs melayani cabut berkas scr online.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Syarat Dan Tata Cara Mutasi Kendaraan Ke Samsat Jateng - Ninja150ss
  2. Pemutihan Samsat DKI Jakarta 2017 | Warung Papan Triplex

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*