Bagaimana Cara Mengendarai Motor Supaya Irit BBM?

Ninja150ss – Hai mas vroh… banyak orang awam terkadang ngeluh dan bertanya bagaimana cara mengendarai motor supaya irit bbm? Koq gak sama sih hasilnya antara di iklan, berita di blog otomotif atau klaim brosur dan hasil yang dicoba sendiri? Nah coba warung papan triplex ini sedikit memberikan tips supaya sampean gak merasa dikibuli oleh iklan 😀


Sebenarnya boros enggaknya konsumsi bbm motor itu sedikit banyak juga tergantung orang yang mengendarai, loh koq bisa? Misalkan saja mas vroh termasuk pengendara yang nafsuan, eits tunggu dulu jangan negatif, nafsuan disini maksudnya adalah pengendara yang suka memacu motornya kenceng terus, pokoke kalau mesin belum teriak atau kecekik limiter belum mau oper gigi (sadis yak 🙂 ). Atau mas vroh merupakan tipikal pengendara yang agresif, pokoknya kalau ada kendaraan didepan harus disalip, gak peduli lalu lintas lagi padat ataupun lengang, ada celah ya masuk.

Nah gaya riding seperti itu sangat berpengaruh terhadap konsumsi bbm loh! mesin berkitir pada RPM tinggi, bukaan gas tentu besar apalagi jika masih gigi rendah, masa mau nyalip posisi gigi tinggi sih? Tentu harus gigi rendah untuk mengail tenaga kan? Dan satu lagi, suka ngerem dan nge gas mendadak atau spontan, perlakuan yang sia-sia kalau menurut saya, kenapa? Ya ibarat kata bbm baru dibakar dan hasilnya mau disalurkan ke roda sebagai penggerak, eh sudah di rem, ilang donk tenaganya?

Supaya mas vroh bisa hemat bbm saat mengendarai motor coba diikuti tips dibawah ini :

  • Untuk Motor dengan kopling manual dan semi otomatis (motor sport dan bebek)
  1. Berakselerasilah secara halus, jangan sering menyentak gas atau buka tutup handle gas (blayer-blayer)
  2. Jaga RPM mesin di zona rileks, maksudnya tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi, hal ini bisa didengar dari teriakan mesin, kalau sampean peka pasti paham.
  3. Pergunakan rem seperlunya, arti seperlunya yaitu jika tidak butuh banget ya jangan ngerem, misalkan di depan lampu merah, ngeremnya kalau sudah dekat aja, jangan masih jauh sudah ngerem nanti belum sampai sudah nambahi gas supaya bisa mepet dengan yang depannya.
  4. Pergunakan rem depan dulu, rem belakang untuk mengimbangi jika ingin berhenti, porsinya lebih besar rem depan. Supaya bbm yang telah terbakar dan diubah menjadi gaya dorong dari mesin tak terbuang sia-sia. Misalkan sampean dari posisi muntir gas terus kendaraan didepan berhenti, sampean ngerem pakai rem belakang, kemudian berakselerasi lagi. Diperlukan putaran gas yang lebih dalam untuk mencapai kecepatan yang sama jika dibandingkan dengan memakai rem depan dulu.
  5. Pada motor kopling manual pergunakanlah kopling seperlunya, jika tidak butuh ya jangan narik kopling. Dalam keadaan lalu lintas tersendat atau macet biasanya kebanyakan orang sering setengah kopling.
  6. Posisikan gigi sesuai dengan kecepatan. Kalau bisa sih posisi gigi paling tinggi, dikecepatan yang sedang (untuk jalanan lancar), jangan malas oper gigi, terkadang masih banyak orang yang mengendarai motor dari kondisi berhenti (di lampu merah) mau jalan bukan dari gigi 1 tapi masih gigi 3. Tarikan jadi berat, otomatis perlu putar gas yang dalam supaya motor mau melaju.
  • Untuk motor dengan kopling otomatis (matik)
  1. Seperti point no. 1 sampai no. 4 yang telah saya tulis di atas. 

Saya yakin jika mas vroh sekalian mempraktekkan tips saya di atas, Insya Allah konsumsi bbm motor Anda akan menjadi lebih irit dibandingkan dari biasanya, melakukan langkah-lamgkah diatas sepertinya hal sepele tapi silakan langsung praktek di jalanan bisa atau tidak Anda melakukannya? Nah kalau sudah menjadi kebiasaan tentu jika mas vroh mau pakai motor jenis apapun konsumsi bbm nya akan irit, gak percaya? Coba tengoklah barang sekejap pada artikel-artikel berikut ini, disana mas vroh akan melihat buktinya langsung tanpa direkayasa 😆 :

Cerita menghadiri PARJO 2015

Review Suzuki Gsx-S150 dibawa Touring Jarak Jauh

Review harian Honda Vario 150

Konsumsi BBM Honda Verza

Semoga bermanfaat…

Salam foging pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

About NinjaSS 429 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*