Alasan Harga Motor Cross Jepang, Eropa Dan Lokal Berbeda

image

Ninja150ss – Hai mas vroh… Inilah alasan kenapa harga motor cross buatan Jepang, Eropa dan lokal berbeda? Tertarik untuk mendiskusikan hal tersebut, newbie seperti saya ini yang masih cetek pengetahuan tentang motor cross ingin sekedar membuat coretan ala kadarnya.


image

Berdasarkan data foto diatas tentu timbul pertanyaan, “dengan spek yang hampir mirip (kecuali Viar 250 Cross X) kenapa harga jualnya di Indonesia terlihat jomplang antara brand Eropa dan brand Jepang, padahal di Amerika bandrolnya hanya selisih sedikit?”

Ada asumsi yang terpikirkan atas harga jual motor tersebut di Indonesia :
1. Material part yang digunakan berbeda antara brand satu dengan lain nya.
2. Brand part yg digunakan (misalnya : suspensi, perangkat rem) berbeda.
3. Output power dan torsi yang dihasilkan oleh mesin berbeda (walaupun beda tipis, kecuali Viar 250 Cross X).

image

Akibat perbedaan material dan brand membuat harga motor Eropa KTM dan Husqvarna dihargai 150 juta an. Selanjutnya harga motor pabrikan Jepang Yamaha dan  Kawasaki dibandrol 90 juta an. Sedangkan Viar yang merupakan rakitan dalam negeri dan mengunakan sebagian part buatan lokal, cukup dibandrol 35 juta an.

image

Tapi ternyata asumsi diatas terbantahkan (mengutip sebuah paragraf yang saya temukan dari antah berantah πŸ˜€ ),
“Perbedaan spesifikasi teknis antara motor Eropa dan Jepang sebenarnya tidak terlalu signifikan sehingga seharusnya harga disini pun tidak terpaut jauh. Performa nya pun tidak akan berpengaruh bila hanya dipakai untuk ‘blusukan’ (amatir), beda bila benar-benar digunakan untuk kompetisi profesional yang extrem. Mungkin perbedaan spek-teknis bisa terasa bedanya. Kenapa harga KTM dan Husqvarna di Indonesia bisa jauh lebih mahal daripada di Amerika? Sedangkan harga Yamaha dan Kawasaki disini malah lebih murah dibandingkan di Amerika?”

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah karena ada perjanjian dagang antar negara, seperti : IJEPA, AFTA, CBU, CKD, IKD

image

Ternyata KTM dan Husqvarna tidak memiliki fasilitas import sehingga harus membayar 100% bea masuk dan biaya import, yang kemudian dibebankan kepada konsumen di Indonesia sehingga harga motor menjadi menggila. Sedangkan Yamaha yang diproduksi di Jepang ‘CURANG‘ karena memiliki fasilitas IJEPA sehingga bea masuk bisa 0%. Nah yang ngaco justru Kawasaki karena dirakit di Thailand harusnya harganya bisa dibandrol jauh lebih murah dari Yamaha, karena memiliki fasilitas AFTA yang selain pembebasan bea-masuk juga ada keringanan pada biaya import. Terakhir, yang bener baru VIAR. Sebagai motor lokal membuatnya bisa mendapatkan fasilitas IKD, sehingga mendapat banyak keringan pajak maupun biaya import. Motor ini dirakit disini dengan mengunakan sebagian komponen dari produk lokal. Jadi itulah yang membuat Viar berani pasang harga rasional. Nah sekarang bisa terjawab kenapa KTM dan Husqvarna mesti pasang bandrol selangit diatas Yamaha dan Kawasaki meskipun keempatnya sama-sama motor CBU. Padahal spesifikasi teknis keempat motor itu bedanya tidak signifikan. Regulasi niaga ikut menyumbang terjadinya selisih harganya sangat besar! Atau jangan-jangan atpm/dealer ambil untung nya kegedean ya?
β€ͺ

image

β˜… β€ŽIJEPA ‬atau ‘Indonesia Japan Economic Partnership Agreement’ adalah perjanjian bilateral antara Indonesia dan Jepang membuat tarif ‘Bea-Masuk’ diturunkan sampai 0%.
β€ͺβ˜…β€ŽAFTA‬ atau ‘ASEAN Free Trade Area’ adalah perjanjian regional untuk menghapus ‘Bea-Masuk’ maupun ‘biaya-tarif import’ bagi negara-negara anggota ASEANβ€ͺ.
β˜…CBU ‬(Completely Build Up) adalah motor yang diimpor dalam keadaan yang utuhβ€ͺ.
β˜…CKD ‬(Completely Knock Down) adalah motor yang komponennya di impor dalam keadaan terpisah dan baru dirakit di Indonesia.
β€ͺβ˜…IKD ‬(Incompletely Knock Down) adalah impor sebagian komponen motor dalam keadaan terurai untuk dirakit di Indonesia, yang sebagian komponen lainnya mengunakan produk dalam negeri.

Nah loh, newbie jadi garuk-garuk kepala nih mas vroh atas kalimat-kalimat di atas, masuk akal juga sih alasan nya. Kalau menurut mas vroh bijimana? Monggo yang punya pendapat diutarakan, bebas koq, supaya diskusi jadi lebih menarik.

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul :mrgreen:

● Waspada begal merajalela lagi
● Recall produk sebagai bentuk tanggung jawab
● Hot.. bocoran part all new cbr250rr
● Yamaha Nmax akan mendapat lawan sepadan tahun depan dari AHM
● Wow livery motor matik ini keren
● keperkasaan honda yang sulit untuk ditandingi
● air radiator kawasaki ninja 150
● data aisi mei 2016 , yamaha harus segera berbenah
● Cara inrayen sepeda motor baru yang benar
● review pemakaian oli sesat selama ini
● tips jepret spyshoot di jalan dan ridernya tidak terima
● air radiator ninja 150
● kelemahan ninja 150
● kelebihan kawasaki ninja 150
● kekurangan ninja 150
● mengatasi super kips macet
● oli untuk kawasaki ninja 150

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

5 Komentar

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengatasi Ninja 150 Overheat | Ninja150ss
  2. Fanatik Merk Itu Tidak Baik Loh…!! | Ninja150ss
  3. Knalpot Untuk Ninja 150 | Ninja150ss

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*