Kualitas Memang Tidak Bohong

Beberapa waktu yang lalu karena saya ada waktu luang maka berniat untuk mengunjungi teman dekat yang kebetulan memiliki hoby yang sama tentang dunia otomotif dan permesinan. Teman saya ini sangat low profil, di balik penampilan yang sederhana dan ala kadarnya, bahkan kalau belum mengenalnya pasti akan menganggap sebelah mata :mrgreen:

Saya tidak akan membahas personal disini, ntar bisa di cegat di jalan 😆 tapi yang akan saya ulas adalah produk buatanya.

image
Mesin mbah gondrong 😀

Gambar di atas bukan meja, itu adalah mesin sablon modern. Walaupun tampak sederhana tapi terbukti ketangguhannya loh, di suatu daerah, mesin buatan mbah gondrong ini sudah sangat terkenal akan hasil dan ketahanannya disiksa, dioperasikan setiap hari lebih dari 15 jam, di geber produksi yang banyak pun masih mumpuni. Dan tiap hari aja dikejar-kejar orang mulu, sudah kayak telolis deh 😯


Beberapa bahan pentingnya import loh, gak mau pakai lokal karena dari segi kualitas masih kalah, dulu katanya pernah nyoba pakai bahan lokal baru 3 bulan sudah jebol 😆

image
Siap dikirim

Tentu kondisi diatas harus ada syaratnya, tegangan listrik harus stabil di 9rb Volt Ampere, karena mesin ini tenaga utamanya listrik, disamping harus ada tenaga operator manusia tentunya 😀
Waktu saya berkunjung eh kebetulan mau kirim, ngikut deh biar nambah-nambah pengalaman, ikut bantu sebisanya dan weleh beraat euy… terutama plat nya karena disamping tebal, bahannya juga bagus, itulah salah satu part pendukung dari mesin ini yang berperan untuk hasil yang bagus disamping ada part-part lainnya dan pengerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi.

image
Tuh mbah gondrong lagi nyeting mesinnya
image
Lagi nyetel sibuk kayaknya 😆

Setelah selesai diseting, maka saatnya untuk dioperasikan, kalau di total waktunya dalam menghasilkan sablon depan belakang diperlukan waktu sekitar +/- 2 menit untuk satu sisi, mesin ini bisa dioperasikan oleh 2 operator jadi saling gantian tiap sisinya, yang lebih extrem adalah 1 mesin operatornya ada 4 orang, dengan 4 orang waktu pengerjaan satu sisi bisa dipangkas jadi 1 menit, weleh pokoke di geber poolll jika produksinya lagi meningkat gila-gilaan alias kejar waktu. Tapi kurang direkomendasikan sih karena untuk hasil yang sangat rapi tanpa ada kesalahan sebaiknya gunakan secara normal, soalnya kalau di geber seperti itu pasti nanti ada sablonan yang melipat atau kurang rata yang disebabkan oleh waktu menata kainnya ada yang terlipat.

image
Nih foto yg lagi geber produksi 😯

Untuk hasilnya gimana nih? Ya selama bahan kainnya bagus dan kertas sablonnya juga bagus tentu hasilnya akan sangat memuaskan, untuk kain harus memakai bahan polyester karena bahan ini sangat mendukung untuk proses sablon listrik, hasilnya pasti beda lah dengan sablon tangan yang timbul. Tau kan sablon tangan? Itu yang sablonannya terasa timbul jika dipegang, kalau sudah sering dicuci bisa hilang terkelupas, pecah dan saling nempel atau bahasa anunya plisket jika gak salah 😆

Untuk hasil sablon dengan mesin ini pasti akan puas karena tidak akan luntur, hilang, pecah, nempel atau terkelupas. Tentu ada syaratnya jika ingin dapat hasil yang maksimal, yaitu tadi tegangan listrik harus stabil minimal 9rb Va dan memakai bahan polyester higet (kalau gak salah nulis ejaannya 🙄 ) bahan ini walaupun polyester tapi adem jika dipakai dan tidak panas karena grade nya paling tinggi diantara bahan polyester.

image
Tuh hasilnya
image
Warna warni
image
Kombinasi warnanya pas

Kualitas yang dihasilkan mesin ini bisa dan sangat berani diadu dengan mesin lainnya, jika tidak percaya jejerkan deh, nanti akan kelihatan mana yang lebih bagus, bukannya melebih-lebihkan lho ya tapi saya sudah pernah membandingkan sendiri koq dan lumayan terkejut juga gimana perbedaannya, mana yang lebih terang, cerah, dan halus finishing nya :mrgreen:

Hal diatas hanya berlaku jika lebih mengedepankan serta mengutamakan kualitas, kalau harga lebih mahal sedikit tapi kualitas lebih bagus kenapa enggak?
:mrgreen:

About NinjaSS 431 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

36 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*