Hati-hati Terhadap Oknum

Ninja150ss – Halo mas vroh skalian, gimana kabarnya? Jarang update nih warung, hahaha…harap di maklumi ya?

Oknum Polisi


Saya mau sedikit share nih pengalaman ketemu oknum yang cari mangsa, u know lah apa yang saya maksud dimari :mrgreen:
Jadi begini ceritanya, waktu itu saya lupa tepatnya tanggal berapa, tapi kejadian baru bulan lalu. Saya hendak pulang ke semarang karena sesuatu hal yang penting dan mendadak terpaksa naik foging pistun, sebenarnya agak malas juga karena jarak yang tidak dekat dan kebetulan cuaca lagi puanas sekali, saya start jam 5 pagi dari purwakarta lewat pantura, riding dengan santai di kecepatan +/- 80 km/jam demi safety dan menghemat stamina.

Sekitar jam 7 masuk palimanan, karena melewati pasar saya mengendurkan handel gas, eh ada beberapa polkis oknum polisi nyegati motor yang lewat, tapi koq gak semuanya ya? Saya ya biasa aja, gak ada perasaan khawatir, lha wong lengkap, disuruh nepi ya saya nepi.

image

Polisi : selamat pagi pak, bisa tunjukan surat2nya?
Saya : sim & stnk saya serahkan.
Polisi : memeriksa dengan detail, melihat dari depan sampai belakang. Eh tau2 dia langsung pergi ke pos diseberang jalan, saya awalnya diem aja diatas motor, eh polkis satunya bilang “sana mas ke pos dulu”.

Saya : bingung juga, orang gak diajak ngomong sama yang megang surat2 saya tadi, yaudah saya ke pos di seberang jalan.

(Di dalam pos terlibat percakapan)
Polisi : anda tau kesalahan anda?
Saya : enggak pak, perasaan saya tidak melanggar lalin, surat lengkap, tidak melebihi batas kecepatan.

Polisi : knalpot anda tidak standar, anda tau itu? Dan itu melanggar
Saya : iya pak saya tau kalau tidak standar, melanggar yang bagaimana pak (nyoba2 mancing nih 😀 )
Polisi : anda tau kan kalau knalpot tidak standar itu akan ditilang? Ini pasalnya (sambil nyodorin buku pasal)
Saya : kan knalpot saya tidak berisik pak, glasswool juga baru saya ganti, dibuku kan ada ambang batas kebisingan knalpot tertulis jelas, misal bapak tidak percaya ya silakan diukur saja.

Polisi : ya pokoknya harus ditilang, kalau tidak mau akan kita sita motornya.
Saya : loh koq disita?
Polisi : kan kita akan memotong knalpot anda.
Saya : atas dasarnya? Bapak saja belum mengukur tingkat kebisingannya, koq main potong? Berarti bapak semena-mena donk? (Pokoke adu debat terus mas vroh, tapi tetap dengan alasan yang jelas dan berbobot tentunya :mrgreen: )

Polisi : nunjukin hp nya yang ada gambar pemusnahan knalpot racing, “ini kemarin kita memusnahkan knalpot hasil razia”.
Saya : kalau razia koq tadi saya tidak melihat tulisan papan “razia” pak? Kan kalau memang secara resmi harus ada plank tulisan razia yang bisa dibaca oleh pengendara yang lewat?

image

(Polkis nya mulai jengkel, nada suaranya mulai meninggi dan keliatan banget kalau nahan marah, saya sih tetap berusaha tenang & membalas semua argumen yang dilempar ke saya)

Polisi : pokoknya harus ditilang, karena knalpot tidak standar itu sudah melanggar peraturan dan menyebabkan pengendara memacu kendaraannya lebih kencang dan kencang lagi.
Saya : ah enggak juga pak, saya tadi berkendara gak pernah kenceng, tidak ugal-ugalan, nyatanya disuruh minggir ya saya minggir, apalagi saya perjalanan jauh kalau ngebut ya malah cepet capek pak.

Polisi : sudah..sudah..saya capek, saya panggilkan komandan saya.
Saya : (pengen ketawa sbenarnya tapi ya saya tahan, sok serius dikit lah) :mrgreen:
Komandan : ini saya akan tilang (nulis diatas kertas surat tilang)
Saya : atas dasarnya pak?
Komandan : sudah tidak usah banyak omong! (Sudah kesal beneran keknya)

Saya : yah..jangan donk pak, saya kan orang jauh, saya juga sering melewati razia tapi koq ya tidak pernah kenapa2 pak? Malah baru kali ini seakan dipersulit.
Komandan : lha situ dari tadi ngeyel mulu.
Saya : maaf pak, saya tidak ngeyel, cuma mengutarakan apa yang saya tau saja tentang peraturan lalin.
Komandan : setiap daerah kebijakannya itu berbeda-beda, jadi jangan disamaratakan mas.

Saya : kalau undang-undang masa tidak bisa sama pak?
(Aseli mas vroh, kalau sampean yang jadi polkisnya sebenere stress, mau ngomong gimana lagi, ya bukane saya sok pinter tapi argumen saya kan ada benarnya juga 😆 )
Komandan : mau ngajak ribut?

Saya : tidak pak, kan saya hanya menjawab pertanyaan anak buah bapak dan bapak.
Komandan : nih surat tilangnya, tanggal sidang tertera disitu.
Saya : (wah mentok nih, yasudah keluarin ajian memel deh) *memelas kamsudnya 😀
Jangan gitu donk pak, kasihan saya, saya kan orang jauh pak, masa bapak tidak mau membantu saya?
Komandan : titip sidang aja pekgo, nanti silakan jalan.

Saya : (anjroott bener kecurigaan saya, UUD :ujung2nya duit) sambil buka dompet saya perlihatkan isinya, “pak uang saya aja cuma ada 70rb pak, ini juga buat beli bensin sampai semarang”
Komandan : yaudah siniin semua!!
Saya : yah..jangan pak,,nanti saya beli bensin pake apa, masa saya disuruh ndorong? (Pakai wajah lebih memelas lagi) 30 aja ya pak? Sisanya buat beli bensin.

Komandan : yasudah sini cepet…
Saya : saya kasikan deh, ya bijimana lagi negosiasi sudah mentok, daripada lebih ribet dan lama lagi?
Itu duit disambar dengan cepat, sambil ngomong “sana buruan pergi, sebelum didepan ada razia lagi”
Saya : iya pak, terima kasih banyak atas bantuannya.

image

Untung duit yang lain sebelum masuk pos polkis sudah saya keluarkan dari dompet dan saya slempitin di celana :mrgreen: coba kalau enggak? Bakal dipalak deh :'(

Yah begitulah pengalaman pribadi saya mas vroh sebagai biker AKAP, musuh dijalan ya oknum itu, enggak enaknya kalau perjalanan di pagi-sore hari. Pada saat diinterogasi saya sempet nyolong njepret foto, tapi sayang gak kena pas namanya, coba kalau kena, bisa rame deh 😆

Bandingkan dengan jepretan saya pas ada razia resmi

image

Pesan saya untuk rider foging pistun dan 2stroke lainnya (rx king jarang dipersulit, kurang tau kenapa) berhati-hatilah kalau lewat perbatasan, polkisnya suka lapar. Padahal kalau secara resmi razia gak gitu-gitu amat, pake digiring kedalam pos polkis lagi (biar gak diliat orang mungkin 😀 ) saya juga sempet jepret pas ada razia beneran, tapi koq ya gak apa2.
Cuma bisa ngelus dada sama oknum nih, sudah digaji banyak masih saja lapar cari sampingan, semoga tidak kena azab Allah SWT :mrgreen:

Salam foging pistun teknologi jadul bin ngebul tapi tidak ngibul 😆

About NinjaSS 455 Articles

Salam Foging Pistun motor teknologi jadul bin ngebul tapi gak ngibul

20 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*